Mandoeq Sikkeq, Mandi Super Cepat Ala Burung Sikkeq

Orang-orang Mandar mengenal istilah "Mandoeq Sikkeq" istilah yang dialamatkan pada teknik mandi super cepat. Mengapa istilah ini muncul? Sama dengan namanya "Mandoeq Sikkeq" Mandi ala burung Sikkeq. Burung Sikkeq adalah burung yang biasa ditemukan terbang rendah dan bermain di sungai kecil. Sikkeq memiliki bagian kepala berwarna biru dan memiliki teknik mandi dengan hanya mencelupkan kepala saja ke permukaan air sungai lalu kembali terbang. Jika kemudian ada yang mandi dengan waktu sangat cepat, hanya membasahi kepala tanpa menggosok bagian badan lainnya atau "marroros" maka ia akan dikatakan "Mandoeq Sikkeq".

Perumpamaan yang mengikuti akivitas hewan biasa diadopsi di suku Mandar, banyak tindakan yang diistilahkan mengikuti tindak dan perilaku hewan. Mandoeq Sikkeq diatas adalah salah satu contohnya. 

Burung Sikkeq biasa muncul di daerah-daerah pedesaan di kabupaten Polman, Majene, dan Mamuju. Penamaannya mungkin berbeda untuk setiap daerah namun secara umum orang Mandar menyebutnya dengan nama Sikkeq. 

Dari jajaran jenis burung yang biasa dikonsumsi maka Sikkeq adalah burung yang paling tidak enak untuk dikonsumsi, tak ada penggemar daging burung yang menyukai daging burung Sikkeq. Hal ini yang membuat populasi Sikkeq menjadi tetap bahkan cenderung bertahan di tengah kepunahan burung-burung lainnya.

Burung Sikkeq saat hinggap lebih menyukai posisi yang tinggi seperti di kabel listrik, ia tak suka berada di kabel telepon yang lebih rendah. 

Tag : Budaya
0 Komentar untuk "Mandoeq Sikkeq, Mandi Super Cepat Ala Burung Sikkeq "

Selamat datang di website Tommuane Mandar.Com silahkan tambahkan komentar Anda

Back To Top