Situs seputar berita, foto, video budaya dan wisata di Sulawesi Barat

Warung Mekar Sari Wonomulyo, Rasa Sederhana Nan Menggoda

Tak ada detail nama warung, hanyalah sebuah rumah panggung yang bagian lantai dasarnya telah ditegel. Namun menurut informasi valid, warung ini adalah warung Mekar Sari, berlokasi di Jl. Padi Unggul, masih dalam kawasan Pasar Sentral Wonomulyo, kelurahan Sidodadi, kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. 

Mudah mengakses warung makan ini, jika dari arah kabupaten Majene, setelah traffic light  di perempatan Jl. Padi Unggul dan jalur masuk ke arah Cirebon maka Anda boleh berbelok ke arah kanan,  lalu di sisi kanan Anda akan menemukan pintu gerbang masjid Aswaja dan MTs Masudiyah,  sebaliknya jika dari arah Polewali setelah Bank Sulselbar Cabang Wonomulyo, Anda harus berbelok ke kiri. 

Mekar Sari banyak didatangi peminatnya. Ragam jenisnya mulai dari  ibu rumah tangga, kuli angkut, pedagang pasar, pengunjung pasar, pejalan, pejabat dan berbagai macam profesi lainnya, singkatnya Mekar Sari jadi tujuan banyak orang untuk mengganjal perut. 

Bagaimana dengan soal menu hidangan yang ditawarkan? Mekar sari menyajikan tiga menu utama, mie bakso, nasi berenang, dan gado-gado. Mayoritas pengunjung masih lebih memilih nasi berenang sebagai menu favorit. Mengapa? Karena orang Indonesia sulit untuk tidak bertemu dengan " nasi" saat makan, jadilah kemudian nasi berenang menjadi makanan utama yang serasa dinikmati dirumah. 

Menu nasi berenangnya lezat, campuran aneka macam sayuran seperti tauge, kacang tanah, aneka bumbu lezat dengan nasi yang "berenang". Menu ini sempat viral dan dicari-cari pejalan dan wisatawan yang baru pertama kali menginjak kecamatan Wonomulyo. 

Menu favorit di warung makan Mekar Sari, Nasi Berenang yang sempat viral dan dicari-cari wisatawan yang baru berkunjung ke kec. Wonomulyo. (Foto : www.tommuanemandar.com)

Jika punya waktu mampirlah ke warung makan sederhana ini, menu Gado-Gadonya punya citarasa Jawa yang kental, kombinasi lontong, aneka sayuran berupa kacang panjang, tauge yang disiram bumbu kacang kental penuh bumbu. Rasanya benar-benar menggoda, dan mengundang untuk datang kembali ke warung ini. 

Gado-Gado, menu yang juga lezat dan wajib untuk disantap saat berkunjung ke warung Mekar Sari, kec. Wonomulyo (Foto : www.tommuanemandar.com)

Jika masih punya uang di kantong, jangan lupa untuk menambah pesanan dan memesan tempe gorengnya,  rasanya garing dengan aroma kacang kedelai nikmat. Biasanya tempenya akan digoreng saat akan disantap, jadi dipastikan tempa gorengnya renyah. Apalagi Wonomulyo adalah lokasi bermukim banyak orang Jawa, pengrajin tempenya bisa menghasilkan tempe yang berkualitas berbalut daun pisang, bukan tempe beralaskan plastik yang banyak beredar di pasaran. 

Tempe, menu yang juga lezat dan wajib untuk disantap saat berkunjung ke warung Mekar Sari, kec. Wonomulyo (Foto : www.tommuanemandar.com)

Ruang dalam warung Mekar Sari dibuat dengan tata ruang yang sederhana, ada meja dan kursi yang diatur rapi, 1 meja dengan 4 kursi, total ada sekitar 12-15 meja dengan  ruang dapur yang tampak luas dan bersih. 

Untuk soal kebersihan, Mekar Sari bisa diberikan jempol. Dapurnya terlihat bersih, meja dan lantai juga dengan segera dibersihkan sesaat setelah pengunjung menyelesaikan santapannya. 

warung mekar sari wonomulyo
Tampakan Warung Mekar Sari Wonomulyo dari aplikasi Google 

Penjaga warung makan didominasi oleh perempuan, termasuk pelayan dan pengolah makanan, mungkin ini alasan mengapa Mekar Sari jadi begitu bersih saat dikunjungi. 


Ruang dalam warung Mekar Sari  yang dibuat dengan sederhana dengan banyak meja kayu dan kursi (Foto : www.tommuanemandar.com)

Mekar Sari bisa jadi pilihan Anda saat kelaparan di sekitar Pasar Wonomulyo, namun tampaknya tidak untuk yang menggunakan angkutan umum. Soalnya jarak dari kendaraan angkutan umum menuju lokasi Mekar Sari lumayan jauh, namun jika menggunakan kendaraan pribadi sangat mudah. Tertarik mencobanya? Anda dapat merasakannya sendiri setelah berkunjung dan merasakan sensasi sederhana yang menggoda.

0 Komentar untuk "Warung Mekar Sari Wonomulyo, Rasa Sederhana Nan Menggoda "

Selamat datang di website Tommuane Mandar.Com silahkan tambahkan komentar Anda

Back To Top