Situs seputar berita, foto, video budaya dan wisata di Sulawesi Barat

Jeep "Sangar" Penakluk Dataran Tinggi Mandar, Sulawesi Barat

Jenis kendaraan seperti ini yang sering digunakan oleh masyarakat di daerah pegunungan di daerah-daerah di Mandar, Sulawesi Barat.  Mobil yang digerakkan dengan empat roda pemutar  menjadikannya mudah melibas jalur bebatuan ekstrim tanpa aspal. Di kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat  misalnya, jenis mobil ini dapat dijumpai di desa-desa pesisir yang menjadi pintu masuk menuju desa-desa pegunungan misalnya di daerah Salutambung untuk menuju pusat kecamatan Ulumanda. Mobil sangar ini menjangkau daerah-daerah terpencil dengan mudah dan cepat. Kekuatan tarik atau horse power nya tidak usah diragukan lagi.   

jeep sangar pegunungan mandar
Mobil jeep penakluk daerah pegunungan di Mandar, Sulawesi Barat. (Foto : www.tommuanemandar.com) 

Mobil jeep 4WD ini biasanya adalah berupa kendaraan yang telah dimodifikasi. Jarang ditemui kendaraan ini dibeli dalam keadaan baru, biasanya adalah mobil-mobil jeep tua namun dengan spare part yang sudah diupgrade. 

Kegunaan Jeep Pegunungan 

Jeep jenis ini digunakan untuk memuat berbagai macam komoditas, mulai dari beras, jagung, cengkeh, kakao, Ini juga digunakan untuk memuat bahan bangunan serupa semen, pasir, dan kerikil serta material bangunan yang lain. Jika ada warga di pegunungan yang membutuhkan material bangunan, mobil jeep ini juga kadang akan mengkal di depan toko bahan bangunan untuk membeli material. 

jeep gunung sulawesi barat
Mobil jeep penakluk daerah pegunungan sedang parkir di depan toko grosir untuk bongkar muat bahan makanan dan snack. (Foto : www.tommuanemandar.com)

Jeep Pegunungan ; Biaya Operasional Besar

Sekali jalan biasanya kendaraan jenis ini butuh operasional besar untuk memutar roda, jutaan rupiah biasanya kocek dirogoh oleh pemilik mobil. Karena itu tarif sewa yang dipatok tinggi. Mengapa biaya operasionalnya menjadi besar? daya dorongnya yang kuat membutuhkan bahan bakar yang tidak sedikit. Hal ini yang menjadikannya butuh bahan bakar dalam jumlah besar. Berbeda jauh dengan ojek motor pegunungan yang hanya sedikit mengonsumsi bahan bakar. 

bagian jeep pegunungan mandar
Bagian bemper depan mobil jeep yang dibuat dengan sangat kokoh, bagian ini bahkan kadang dijadikan tempat untuk menampung barang-barang ekstra, atau bahkan memuat penumpang (Foto : www.tommuanemandar.com)

Bagian mobil jeep dilengkapi dengan alat untuk mencegah kejadian tidak terduga saat menempuh perjalanan. Ada pengait berbahan baja dan sling kawat besi untuk menarik kendaraan semisal terjadi mogok, macet atau kendaraan terjebak dalam lumpur, terjebak dalam kubangan jalan berbatu, atau untuk menarik kendaraan lain. 

bemper depan jeep pegunungan mandar
Bagian penarik kendaraan yang diikat dengan sling kawat baja, sebagai antisipasi untuk menarik mobil jeep jika sewaktu-waktu terjebak dalam kubangan lumpur, atau untuk menarik kendaraan lain yang terjebak. (Foto : www.tommuanemandar.com)






Moda transportasi darat yang jumlahnya banyak di pesisir dan sangat membantu mobilisasi komoditas pertanian, perkebunan, dan kebutuhan sehari-hari. 

Namun, dibalik itu, biang kerok jalan yang rusak parah biasanya adalah jenis kendaraan ini, jika ban nya dirantai dengan besi maka akan membongkar dasar rabat beton.

Tag : Leisure, Majene
0 Komentar untuk "Jeep "Sangar" Penakluk Dataran Tinggi Mandar, Sulawesi Barat "

Selamat datang di website Tommuane Mandar.Com silahkan tambahkan komentar Anda

Back To Top